Selasa, 14 Januari 2020

Menilai Kecerdasan Anak dengan Metode Evaluasi Alternatif

Belajar adalah suatu proses majemuk untuk mendapat informasi atau pengetahuan baru. Proses belajar idealnya dilakukan sejak kecil ketika anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Anak biasanya lebih cenderung menyukai proses belajar mengajar di sekolah formal, terutama ketika berusia antara 6 – 8 tahun. Usia pertumbuhan tersebut mendorong anak untuk ingin tahu lebih banyak tentang semua hal termasuk pendidikan, sosial, dan budaya.

Dalam proses belajar mengajar, J. Piaget pernah melakukan penelitian mengenai perkembangan intelektual anak yang dibagi menjadi tiga tahapan. Piaget mengemukakan tahap pertama adalah fase pra-operasional di dalam frase ini anak masih belum dapat membedakan dengan tegas antara perasaan dan motif pribadinya dalam dunia luar. Tahap kedua yakni fase operasi konkrit, anak pada tahap ini sudah dapat melakukan problem solving dengan baik. Frase ketiga adalah fase operasi formal dimana problem solving dilakukan dengan lebih struktural memuat hipotesis dan eksperimen.

Baca Selengkapnya .. Klik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar